Profil Alumni: Nengah Dwipayana

Alumni ITB 93Biodata

  • Nama : Ir. Nengah Dwipayana Sandi (Sorry nggak mau pake ST,…hahahahaha)
  • Jurusan dulu waktu kuliah : Teknik Pertambangan, sub jurusan Metallurgy,
  • Angkatan 1993, NIM 12193025
  • Lahir : Mataram, 30 Agustus 1974 – tapi semenjak umur 6 bulan pindah ke bandung sampe lulus ITB (hehehehe…jadi nggak bisa ngaku orang Bali karena logat nyunda pisan……)
  • Alamat : 42 Montezuma loop, Canning Vale, Perth, Western Australia
  • Employer : Newmont Boddington Gold Mine

Setelah lulus apa yang di kerjakan

Setelah lulus (Wisuda October 1998), tanggal 3 Mei 1999 saya mulai bekerja sebagai karyawan PT Newmont Nusa Tenggara, Batu Hijau, yang berbasis di Pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Newmont merupakan perusahaan yang berpusat di Denver, Colorado, USA. Di perusahaan ini saya memulai karier sebagai Graduate Metallurgist, kebetulan pada saat itu tambang ini baru saja dalam tahap akhir penyelesaian kontruksi dan menuju ke Plant Commissioning (pabrik baru, semua equipment harus di test untuk ke proses start up), disini saya terlibat dengan tugas membantu engineer di sana untuk mengetest alat alat pengolahan batuan dan mineral, semua merupakan hal baru yang tidak saya dapatkan semasa kuliah dulu. Sungguh merupakan pengalaman yang langka dan sangat bermanfaat bagi seorang fresh graduate seperti saya. Disini saya merasakan dan mengalami penempaan dimana saya memulai semuanya dari Nol, saya bekerja sebagai Process Technician, dimana pekerjaan saya lebih merupakan “Kerja Kasar dan Kotor”, tidak sesuai dengan bayangan saya sebagai seorang engineer yang bekerja di ruangan nyaman dan ber-AC.

5 tahun setelah lulus dan sedang apa

Setelah 5 tahun bekerja, saya masih loyal terhadap perusahaan yang memberikan pekerjaan semenjak saya lulus sebagai seorang graduate, disini saya terlibat dan mengerjakan berbagai macam project untuk meningkatkan efficiency dari pabrik pengolahan, sehingga setelah 7.5 tahun bekerja saya memutuskan untuk hijrah ke negeri kangguru, dengan harapan bisa mengadu pengalaman dan bertukar pengalaman dengan para engineer dari negeri kangguru. Pada saat pertama kali bekerja di perusahaan multi nasional sekelas Newmont, terus terang saya merasa sedikit rendah diri berhadapan dengan engineer dari Australia, Amerika, Kanada. Dari segi kemampuan saya sangat yakin kita tidak kalah, hanya saja dari segi bahasa dan kepercayaan diri untuk menjelaskan ide ide brilian yang ada di kepala terhambat dengan kemampuan berbahasa pada saat itu.

10 tahun setelah lulus dan sedang apa

Setelah memutuskan hijrah ke negeri kangguru pada pertengahan tahun 2006, tekad saya sudah bulat untuk berkarier di luar negeri, saya berharap Australia menjadi batu loncatan bagi karier saya di kemudian hari. Rupanya saya masih bertakdir untuk bekerja dengan Newmont, saya mendapatkan pekerjaan di sebuah kota kecil bernama Charter Towers, Pajingo Gold Mine, kota ini merupakan kota kecil dengan penduduk sekitar 9000 jiwa dan berjarak kurang lebih 2 jam dari kota Townsville, yang merupakan salah satu kota dari Queensland Utara. Di perusahaan ini saya memulai ppekerjaan sebagai seorang senior metallurgist, yang juga merupakan deputy process manager. Pada saat itu, umur tambang dari Pajingo Gold Mine tidak terlalu lama lagi untuk perusahaan sebesar Newmont, sehingga pada saat itu di putuskan untuk menutup tambang atau menjualnya kepada perusahaan lain. Disini saya terlibat dengan proses berkelanjutan untuk proses penutupan tambang, yang lagi lagi merupakan pengalaman baru bagi saya ataupun demikian juga dengan penjualan aset tambang, disini hingga akhir tahun 2007 di putuskan untuk menjual aset ini kepada sebuah perusahaan tambang skala kecil yang berbasis di North Queensland. Saya pun berpikir untuk melanjutkan karier di Australia atau pulang kembali ke tanah air.

Sekarang di mana dan sedang apa

Rupanya saya masih bernasib baik, di awal tahun 2008 saya mendapatkan pekerjaan di Western Australia, dengan demikian saya tidak perlu kembali ke tanah air. Di akhir tahun 2007 dan awal tahun 2008 merupakan masa masa “Booming” pertambangan di daerah Western Australia, kebutuhan terhadap seorang Mining Engineer ataupu Metallurgist sangat tinggi seiring dengan banyak nya perusahaan tambang membuka Iron Ore dan Gold Mine project. Saya mendapatkan pekerjaan di Boddington, kearah selatan dari Perth, Western Australia. Lagi lagi saya berjodoh dengan Newmont, sehingga saya masih mengabdi dengan Newmont. Disini saya bertugas  sebagai seorang senior metallurgist yang bertanggung jawab kembali menangani proses “Commissioning” dan “Start Up” Boddington Process Plant. Pekerjaan ini merupakan pengalaman saya semasa menjadi graduate di Batu Hijau, disini saya merasakan pengalaman berharga di masa masa awal karier saya, hingga saaat ini saya sudah 5 tahun berkarier di Boddington Gold Mine.

Harapan ke depan apa

Harapan ke depan, semakin banyak para lulusan ITB yang berkarier di luar negeri  tidak saja di Australia, karena merupakan pengalaman berharga dan menjadi ajang pembuktian bahwa anak ITB tidak kalah di banding lulusan engineer lulusan luar negeri, bahkan bisa lebih baik dari para ekspatriate yang dulu bagi saya merupakan acuan. Saat ini sudah tidak terhitung banyaknya alumni ITB yang berkarier di Australia dan banyak lagi di negara negara lain, salah satu buktinya adalah pembentukan IA-ITB cabang Perth yang berafiliasi ke IA-ITB resmi. Satu lagi harapan saya adalah berkesempatan membimbing lebih banyak graduate graduate engineer baik itu ITB atau lainnya, selama ini saya sudah cukup banyak membimbing para graduate engineer Australia, hingga mereka cukup sukses berkarier di perusahaan lain. Sungguh merupakan suatu kebanggaan tersendiri.

Kontribusi yang sudah di lakukan

Saya merasa tidak berkontribusi banyak buat negara dan almamater, saya belum punya kesempatan untuk mengabdi kembali di tanah air dengan apa yang sudah saya peroleh, sekalian berbagi pengalaman. Tetapi sebagai alumni dan merupakan anggota IA-ITB Perth, kita melakukan penggalangan dana untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa ITB yang berprestas, ini merupakan salah satu kontribusi dan komitmen yang bisa kita lakukan, sebagian para alumni ITB yang bekerja di Australia merupakan penerima beasiswa dan merasakan bagaimana susahnya sekarang menjadi mahasiswa ITB, dimana biaya yang sedemikian tinggi. [admin/itb93]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s